Senin, 22 Februari 2016

Manfaat Eceng Gondok


Manfaat Daun Eceng Gondok bagi Kesehatan

Eceng gondok merupakan tanaman di air yang mudah hidup di mana saja. Tanaman ini biasanya didapatkan di sungai, kolam, parit, danau dan rawa. Tanaman hijau ini dapat hidup secara cepat, hingga dalam waktu sebentar telah dapat menutup permukaan air atau danau. Hal ini selalu dianggap mengganggu oleh sebagian orang, hingga pada akhirnya tanaman eceng gondok dihilangkan dengan cara dibabat.

Alasan lain warga membabat tanaman liar ini ialah karena sering pula terjadi banjir, sebab sampah yang tersangkut tak dapat hanyut oleh arus. Memang sekilas hal ini betul adanya, tetapi jika difikirkan akan manfaat dari tanaman ini memungkinkan kita akan membuang niat untuk menghilangkan eceng gondok, bahkan kita ingin menanamnya kembali.

Sekarang tanaman ini telah mulai digunakan oleh tangan-tangan kreatif anak bangsa, contoh serat pada batang eceng gondok dibuat menjadi tikar anyaman yang berentitas bahkan laris sampai manca negara. Selain itu, daun eceng gondok berguna pula untuk dijadikan taplak meja, aksesoris, tas dan lain sebagainya. 

Sementara itu, daun eceng gondok dapat dipakai untuk makanan ternak . Contohnya itik, sementara batangnya dapat digunakan untuk penyanggaan bunga. Peluang bisnis dari tanaman eceng gondok ini sekarang mulai dilihat dan digunakan, karna nilai yang cukup ekonomis.

Manfaat Daun Eceng Gondok bagi Kesehatan
Hal yang menegangkan muncul dari dunia medis, ternyata tanaman eceng gondok ini bermanfaat bagi kesehatan dan berpotensi dapat menyembuhkan bermacam jenis penyakit, karna ada senyawa khusus di dalam daun eceng gondok ini.

Unsur-unsurnya itu ialah unsur siO2, calium (Ca), mahnesium (Mg), kallium (K), natrilium (Na), clorida (Cl), cuper (Cu), mangn (Mn), ferumia (Fe) dan  bayak lagi. Sementara akarnya terdapat senyawa sulvate dan fosfat. Daun eceng gondok kaya akan senyawa carotion dan bunganya mengandung delphinidhin-3-diglucosida. 

Dengan banyaknya kandungan kimia pada eceng gondok,  maka ada beberapa penyakit yang dapat disembuhkan; misalnya panas tenggorokan, BAB tak lancar, bisulan dan lain-lain. Dzat kimia itu terdapat pada eceng gondok baik dari akar sampai daun.

Selain untuk obat-obatan, eceng gondok ini pula berguna untuk pembuatan pupuk. Banyaknya pembuatan pupuk memakai bahan dasar dari eceng gondok.
Nah, manfaat eceng gondok ternyata sangat menyeluruh, baik di dunia kesehatan, kerajinan, bahkan hingga untuk pertanian yaitu pengolahan pupuk.

Sumber: http://mustahabbah.blogspot.co.id/2015/05/manfaat-daun-eceng-gondok-bagi-kesehatan.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar